Jumat, 15 Maret 2013

Perkembangan Bahasa Pemrograman

            Bahasa pemrograman saat ini berkembang sangat pesat.Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya bahasa pemrograman hadir seiring perkembangan tekhnologi informasi.Bahasa pemrograman dibuat dengan tujuan membantu manusia dalam membuat program dengan editor tertentu.Kini bahasa pemrograman tidak hanya dibuat untuk atu platform saja,melainkan bisa antar platform,yaitu platform desktop,web,dan mobile.Bahkan dapat juga dijalankan pada komputer dan sistem operasi yang berbeda.
            Pada postingan kali ini,saya ingin menjelaskan sedikit mengenai perkembangan bahasa pemrograman ditinjau dari generasinya:

  1. Bahasa Pemrograman generasi Pertama (Bahasa Mesin)
             Bahasa pemrograman generasi pertama merupakan bahasa pemrograman yang sangat dasar dan kuno.Kini bahasa pemrograman generasi ini sudah sangat jarang digunakan oleh programmer karena sangat sulit dalam penggunaannya.Bahasa generasi ini sering disebut dengan istilah bahasa mesin (machine code) yang berarti bahasa biner.Kelebihan dari bahasa pemrograman generasi ini adalah eksekusinya cepat namun sangat sulit dipelajari oleh manusia.
 
     2. Bahasa Pemrograman generasi Kedua (Bahasa Assembly)
             Bahasa pemrograman generasi ini juga sudah mulai ditinggalkan oleh para programmer yang tidak langsung berhubungan dengan perangkat keras.Bahasa pemrograman ini dikenal dengan istilah bahasa assembly(assembly language) dan banyak digunakan dalam pemrograman perangkat keras seperti robotika.Pada dasarnya ,bahasa ini merupakan bahasa mesin yang disimbolkan dengan bahasa Inggris sederhana sehingga memudahkan programmer.Dengan menggunakan bahasa ini,Programmer dapat membuat standar yang cukup baku untuk arsitektur komputer yang beraneka ragam sehingga dapat dibuat bahasa assembly yang generik untuk semua arsitektur komputer.
             Kelebihan dari bahasa ini adalah eksekusi cepat,lebih mudah dipelajari dari bahasa mesin,file kecil namun sangat sulit dipelajari dan program sangat panjang.

     3. Bahasa Pemrograman generasi Ketiga
              Bahasa generasi ini sampai sekarang masih banyak digunakan oleh programmer dalam pembuatan aplikasi aras tinggi maupun rendah.Bahasa ini dibuat untuk mengatasi kelemahan bahasa asssembly,sehingga ditulis dalam bahasa yang lebih mudah dipahami manusia,yaitu bahasa Inggris.Pada bahasa pemrograman generasi ini mulai dikenal dengan istilah sintaks (syntax).Disini disediakan banyak kemudahan dalam pembuatan program,seperti variabel,tipe data,konstanta,struktur kontrol,loop,fungsi.dll.Contoh bahasa pemrograman generasi ini adalah C,Basic,Pascal.
             Kelebihan dari bahasa generasi ini adalah mudah dipelajari,mendekati permasalahan yang ingin dipecahkan,dan kode program pendek.namun eksekusinya lambat.

  4.Bahasa Pemrograman generasi Keempat
            Bahasa pemrograman generasi keempat dibuat untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang kompleks dan spesifik.Bahasa pemrograman generasi ini ada yang bersifat visual,memiliki tool builder yang canggih,dan dapat berkomunikasi dengan peralatan lain yang spesifik,misalnya basis data.contoh bahasa pemrograman generasi ini antara lain: SQL,HTML,Visual Basic dan lain-lain.
Ada beberapa jenis bahasa pemrograman generasi ini yaitu:
1.Report  Generators
2.Forms Generators
3.Computer Aided Software Engineering (CASE)
4.Database Query Language

            Kelebihan dari bahasa pemrograman generasi ini berorientasi pada masalah secara langsung namun sangat spesifik sehingga hanya bisa berfungsi untuk suatu hal tertentu saja.


         5.Bahasa pemrograman generasi Kelima
               Bahasa generasi ini berbasis pada pemecahan masalah dengan menggunakan batasan-batasan yang diberikan pada sebuah program,tidak menggunakan algoritma tertentu.Pemrogram cukup mendefinisikan masalah yang akan diselesaikan beserta kondisinya tanpa perlu memikirkan cara mengimplementasikan program atau algoritma pemecahannya.Contoh:Prolog,OPS5 dan lain-lain.
              Kelebihan dari bahasa pemrograman generasi ini sangat sesuai untuk pemecahan masalah sistem cerdas namun membutuhkan pengetahuan lebih untuk membuat program dengan bahasa level ini.


Sampai saat ini Bahasa pemrograman baru sampai di generasi kelima saja,namun dengan begitu cepatnya perkembangan teknologi sekarang ini,bukan tidak mungkin bisa muncul bahasa pemrograman generasi selanjutnya.Semoga bermanfaat,jika da kekurangan silahkan berikan kritik dan sarannya :)


http://mesran.net/tentang

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Izin copas untuk tugas yaa kak

Posting Komentar